Selasa, 17 Januari 2017

kekuatan syukur - dahsyatnya syukur

Kekuatan Syukur Dijelaskan Allah di Al Quran
Berbicara tentang kekuatan syukur, sepertinya kita tidak bisa lepas dari ayat ini
Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah ( nikmat ) kepadamu dan jika kamu mengingkari ( nikmat-Ku), maka sesungguhnya azabku sangat pedih. “ ( QS. Ibrahim : 7 )
Bagaimana caranya Allah akan menambah nikmat? Sesungguhnya itu adalah rahasia Allah, meski pun sebagai manusia kita kita bisa memikirkannya.
Saya sudah menjelaskannya melalui artikel 2 Manfaat Bersyukur, bahwa manfaat bersyukur itu intinya adalah
  • Mendapatkan pahala dari Allah dan tentu mendapatkan cinta-Nya. Jika Allah sudah mencintai kita, mudah-mudahan apa yang kita minta akan diberikan
  • Mendapatkan perasaan yang positif. Perasaan positif akan meningkatkan motivasi, perasaan positif akan mendatangkan yang positif.
Intinya adalah dengan bersyukur, nikmat kita akan di tambah oleh Allah. Itu janji-Nya, tidak mungkin salah dan tidak mungkin Allah mengingkari janji-Nya.
Cukuplah penjelasan Al Quran bagi orang yang beriman. Dia akan langsung yakin dengan apa yang dikatakan al Quran karena itu adalah perkataan Allah yang disampaikan melalui Rasulu-Nya.
Bersyukur adalah salah satu cara merubah pikiran negatif menjadi positif. Jika Anda mau memiliki pikiran positif terus, maka caranya dengan bersyukurlah terus.
Sebenarnya masih banyak Ayat Al Quran dan juga hadist yang menjelaskan tentangnya dahsyatnya bersyukur.
Diantaranya:
Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui. (QS An Nisaa:147)
Dan kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. (QS. Ali Imran:145)
Orang yang makan dan bersyukur itu seperti orang yang berpuasa dan bershabar. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)
Zikir yang paling utama adalah la ilaha illallah dan doa yang paling utama adalah alhamdulillah. (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)

Mendapatkan Kekuatan Bersyukur

Setelah Anda yakin dengan kekuatan bersyukur, maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan rasa syukur kita.
Saya sering mendapatkan, “bagaimana mau bersyukur, hidup saya susah terus.” Padahal sebenarnya dia susah karena tidak mau bersyukur. Tidak mau bersyukur pada dasarnya adalah dia tidak berterima kasih dengan nikmat yang dia dapatkan.
Yang dia pikirkan hanya susahnya, padahal nikmat yang sudah dia dapatkan tidak terhitung jumlahnya.
Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).
Ini masalah fokus, jika Anda mau mengubah fokus terhadap nikmat, Anda akan bersyukur. Jika fokus Anda terhadap kesusahan, Anda akan melupakan bersyukur.
Tiap orang punya kesusahan dan TIAP orang juga mendapatkan nikmat. Anda atau siapa pun bukan tidak mendapatkan nikmat, tetapi Anda hanya mengabaikan nikmat itu.
Saya sudah menjelaskan bagaimana cara meningkatkan cara bersyukur yang pada dasarnya adalah menjadikan kita lebih aware terhadap nikmat yang sudah kita dapatkan yang bisa Anda baca disini untuk selengkapnya.
Jika saya rangkumkan poin-poinnya:
  1. Merenung agar lebih sadar terhadap nikmat
  2. Berprasangka baik, karena prasangka buruk akan menutup nikmat
  3. Tanamkan dalam hati bahwa kita banyak mendapatkan nikmat
Jangan sampai dech, nanti Allah bertanya dengan murka kepada kita
Maka,nikmat Tuhanmu yang mana lagikah yg akan kamu dustakan?(QS.Ar-Rahman:13)
Jangan sampai kita menjadi salah satu mendustakan nikmat Allah.
Mudah-mudahan dengan kemauan kita meningkatkan rasa syukur akan menjadikan kita mendapatkan manfaat dari dahsyatnya bersyukur.

Selalu Bersyukur Dalam Keadaan Apapun

Kesalahan banyak orang adalah mereka seringkali menunggu nikmat untuk bersyukur. Saat mendapatkan rezeki nomplok, saat mendapatkan kesenangan, baru dia mengatakan hamdalah sebagai bentuk bersyukur.
Tidak ada salahnya. Itu bagus. Yang salah adalah saat seorang mendapatkan nikmat, dia tidak pernah mengingat Siapa yang memberi nikmat.
Namun akan lebih baik jika Anda selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Termasuk dalam susah? Ya.
Bukankah Anda yakin bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik bagi kita? Dibalik musibah, dibalik kesedihan, dan dibalik cobaan, Anda kebaikan untuk kita dan kita patut bersyukur untuk itu semua.
Coba simak hadist ini:
Pada hari kiamat nanti, orang-orang yang bergelar Al-Hammadun diseru untuk berdiri. Segerombolan orang pun berdiri dengan membawa sebuah bendera, lalu mereka masuk syurga, ”
Beliau ditanya, “Siapa al Hammadun itu?”
Beliau bersabda, “Yitu orang-orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah setiap saat.” (HR ath Thabarani, Abu Bu’aim, dan al-Baihaqi)
Redaksi lain menyebutkan, “Yaitu orang-orang yang bersyukur kepada Allah, baik di waktu suka maupun duka.”
Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak bersyukur, bahkan dalam keadaan sulit dan susah pun, bahkan dalam keadaan duka sekali pun. Balasannya tidak lain selain syurga seperti dijelaskan pada hadist di atas plus hadiah nikmat di dunia.

Penutup

Sungguh artikel ini tidaklah akan cukup menggabarkan bagaimana dahsyatnya kekuatan syukur. Satu hal yang kita harapkan adalah kita menjadi hamba-hamba yang senantiasa bersyukur dan mendapatkan gelar Al Hammadun di akhirat nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar